Jumat, 11 September 2009

Orang Dewasa dan Manula Pun Masih Perlu Imunisasi

Imunisasi bukan hanya diperlukan bagi balita dan anak-anak, namun orang dewasa hingga yang lanjut usia (manula) pun masih memerlukan perlindungan imunisasi. Khususnya untuk mengatasi berbagai penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian.

Beberapa penyakit infeksi yang bisa berakibat fatal bahkan kematian. Misalnya pneumonia atau radang paru-paru serta influensa, merupakan penyakit yang masuk dalam sepuluh besar penyebab kematian pada orang dewasa dan manula.

Contohnya di tahun 2000, kedua penyakit tersebut menyebabkan kematian bagi 58.557 orang atau 3,3 persen orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Padahal kedua penyakit tersebut, dapat ditanggulangi bila kita mau melakukan imunisasi.

Vaksinasi influensa terbukti mampu menurunkan risiko kematian pada manula di atas 65 tahun. Data memperlihatkan, vaksinasi ini meningkatkan harapan hidup 33 persen di tahun 1989 dan menjadi 66 persen pada tahun 1999.

Begitu juga dengan penyakit radang paru-paru yang sangat berisiko bagi wanita dan manula, karena hampir 40 persen penderita yang di rawat berujung pada kematian.

Beberapa penyakit yang tak kalah berbahaya adalah radang tenggorokan dan tetanus. Beberapa kasus tetanus di Indonesia juga diketahui berujung pada kematian, sayang tak ada data yang menunjukkan seberapa besar penyakit tersebut telah merenggut nyawa.

Penyakit lainnya yang harus diperhatikan, adalah dipteri, pertusis, Human papilomavirus (HPV) atau kanker serviks, MMR, Varisela, Influenza, Radang paru-paru, Hepatitis A dan B, Meningitis dan Zoster (semacam herpes).

Jadual vaksinasi bagi orang dewasa dan manula, digolongkan menurut usia. Berikut tabel imunisasinya:




- 28 Maret 2008

Sumber :
Rahmi
http://www.halohalo.co.id/berita/berita/16/3/1413/Orang%20Dewasa%20dan%20Manula%20Pun%20Masih%20Perlu%20Imunisasi.htm
11 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar