Jumat, 11 September 2009

Manula perlu lebih sering berjemur

Berjemur di bawah sinar matahari membantu kulit memproduksi vitamin D bagi tubuh. Pada manula, kadar vitamin D berkurang karena dipengaruhi oleh proses penuaan dan gaya hidup.

Vitamin D paling banyak bisa didapatkan dari sinar matahari pagi, dan juga makanan bergizi tertentu. Kebanyakan orang termasuk manula dan wanita hamil tidak cukup mendapatkan vitamin terutama vitamin D.

Hasil studi terbaru menemukan bahwa kekurangan sinar matahari bisa meningkatkan risiko terjadinya sindrom metabolisme bagi orang lanjut usia, demikian keterangan yang dikutuip dari BBC, Rabu (20/5/2009).

“Kami menemukan tingkat vitamin D yang rendah berkaitan dengan meningkatnya risiko mengalami sindrom metabolisme, dan juga secara signifikan berhubungan dengan peningkatan resistensi terhadap insulin,” kata dr Oscar Franco dari Universitas Warwick, Inggris, yang memimipin studi tersebut.

Franco dan timnya meneliti lebih dari 3.000 orang berusia 50 hingga 70 tahun di China. Rupanya, hasil temuan mengungkapkan bahwa sebanyak 94 persen dari partisipan, kekurangan vitamin D dan 42 persen mengidap sindrom metabolisme.
“Ketika seseorang bertambah tua, kulit kita menjadi kurang efisien dalam membentuk vitamin D dan makanan kita bisa juga kurang bervariasi dengan kandungan vitamin D alami yang rendah,” tandasnya.

Sindrom metabolisme berkaitan erat dengan kegemukan, gula darah tinggi, tekanan darah tinggi dan kolesterol yang menyebabkan penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Sumber :
http://techno.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/05/20/56/221496/manula-perlu-lebih-sering-berjemur
11 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar