Jumat, 11 September 2009

Manula Sebaiknya Bermain Game

Manula harus memainkan game komputer agar otaknya tetap tajam. Ilmuwan menemukan, memainkan video game bisa melatih otak dan meningkatkan ingatan serta reflek.

Penelitian itu juga mendapati, permainan game dapat mengembalikan penurunan kognitif sehingga manula mampu mengerjakan tugas lebih cepat.

Bermain game mampu meningkatkan fungsi otak manula, sudah ditemukan pada studi sebelumnya. Tapi penelitian terakhir mendapati manfaat dari bermain game itu masih berbekas hingga beberapa pekan kemudian dan bisa ditransfer ke pekerjaan sehari-hari.

Penemuan itu mendukung naiknya industri game komputer yang memasarkan produk untuk manula. Seperti game dari Nintendo DS yang menampilkan Julie Walters dan aktor film Star Trek Patrick Stewart.

Tim di Universitas Illinois merekrut 40 orang tua dengan usia lebih dari 60 tahun. Setengahnya diminta untuk memainkan game komputer Rise of Nations.

Secara sederhana game ini meminta pemainnya bersaing dengan membangun kerajaan. Pemain harus membangun kota, memberi makan dan mempekerjakan orang-orang. Selain itu, juga harus memimpin militer dan memperluas wilayahnya.

Para manula ini kemudian harus menjalani sejumlah tugas, untuk mengetes kekuatan otak mereka. Tes yang dilakukan termasuk penjumlahan matematika, tes memori visual dan melakukan sejumlah tugas berbeda secara simultan.

Peneliti mendapati, training pada video game menunjukkan peningkatan performa pastisipan dalam sejumlah tes itu.

Kelompok yang memainkan game menjadi lebih baik secara signifikan dan lebih cepat saat berganti dari satu tugas ke tugas lain. Daya ingat juga meningkat secara signifikan dan kemampuan berpendapat juga lebih baik.

Ingatan jangka pendek terhadap obyek visual juga lebih baik menyangkut kemampuan untuk mengenali obyek.

Professor Art Kramer, penulis penelitian yang dipublikasikan di journal Psychology & Aging mengatakan, penelitian itu membuktikan untuk pertamakalinya game video memberikan keuntungan bagi manula.

"Ini merupakan penelitian pertama untuk manula, dan ini pertama kali untuk mencari tahu efek terhadap kemampuan kognitif tidak dihubungkan langsung dengan kemampuan mempelajari sebuah game," kata Kramer.

Dia mengatakan penemuan itu secara tidak langsung membenarkan klaim pembuat video game semacam Nintendo, yang software tes otaknya dapat membantu manula makin aktif. [ito]
- 13 Desember 2008

Sumber :
Budi Winoto
http://www.inilah.com/berita/teknologi/2008/12/13/68462/manula-sebaiknya-bermain-game/
11 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar