Jumat, 11 September 2009

Kencan Online Bagi Manula, Kenapa Tidak?

Siapa bilang aktivitas kencan di internet cuma berlaku bagi kaum muda saja? Buktinya, para manula juga bisa menikmati kegiatan yang satu ini. Seperti yang dialami oleh Susan Gladstone, wanita berusia 50 tahun yang sudah bercerai dan memiliki dua orang anak. Daripada merepotkan teman-teman sebayanya untuk mencari pasangan lagi, lebih baik berinisiatif memanfaatkan fasilitas kencan online. Dan ternyata, dia berhasil!
Memang dua setengah tahun kemudian, Gladstone yang berprofesi sebagai event planner di Miami, belum juga menemukan tambatan hati yang tepat. Namun dia sudah menikmati banyak acara makan malam yang menyenangkan, bertemu orang-orang yang menakjubkan dari seluruh dunia, bahkan menjalin persahabatan sejati dengan mereka.

Gladstone adalah bagian dari tren yang sedang marak di seluruh dunia, yaitu: orang-orang berusia di atas 50 tahun yang menjelajah dunia maya untuk berkencan, berteman, bahkan juga mencari pasangan hidup. Meskipun jumlahnya mengalami pasang-surut, namun banyak manula pelaku kencan online yang mengaku merasa nyaman walaupun sampai saat ini mereka belum menemukan cinta sejati.

Alasan yang mendorong para manula itu melakukan kencan online ternyata sangat sederhana: yaitu akses internet yang semakin meluas, hingga mereka juga ingin merasakan pengalaman berkencan di dunia maya. Tren ini rupanya dipahami oleh para pengelola situs kencan online. Mereka kini menyediakan layanan khusus bagi anggotanya yang berusia 50 tahun ke atas. Misalnya Yahoo Personals, yang memiliki kolom tips bagi para manula, mulai dari etiket berkencan hingga masalah kesehatan seksual.

Lucunya, seringkali para manula ini justru belajar dari anak-anak mereka yang sudah terbiasa menggunakan fasilitas kencan online, dan termotivasi karena melihat mereka semua sukses dalam mencari jodoh. Menurut Rochelle Adams, perwakilan dari Yahoo Personals, para manula kini rupanya sudah lebih terbuka dan bisa menerima konsep kencan online dalam kehidupan modern seperti sekarang ini.

Situs kencan lainnya yang juga memiliki pelanggan berusia antara 45-59 tahun terbanyak, Match.com, pertumbuhannya sangat fantastis. Jumlah manula yang terdaftar di situs kencan online itu naik sekitar 350% sejak tahun 2000, dan kini sudah mencapai 3 juta orang (sekitar 22% dari seluruh anggotanya).

Juru bicara Match.com, Kristin Kelly, mengatakan bahwa para anggota kencan online yang berusia 50 tahun ke atas, biasanya lebih jelas dan realistis dalam menentukan tipikal pasangan yang mereka inginkan. Mereka tetap bisa bersikap arif dan bijaksana dalam memilih teman kencan di dunia maya.

Tapi, sebagaimana di dunia nyata, mencari jodoh lewat internet pun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Semuanya perlu proses, termasuk kemungkinan putus cinta, serta kencan-kencan yang tak berhasil. Semua itu tetap harus dilalui, demi menemukan jodoh yang terbaik untuk melewati hari tua bersama. Bagaimana dengan Anda? (ap/cnn/dni)
- 18 Maret 2006

Sumber :
http://www.kapanlagi.com/a/kencan-online-bagi-manula-kenapa-tidak.html
11 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar