Jumat, 11 September 2009

Di Inggris, Manula Dirawat Robot

Teknologi robot pembantu manusia lain di Inggris bisa membantu merawat manula. Kini banyak robot yang memiliki sistem yang dirancang untuk berfungsi layaknya seperti babysitters, ahli terapi bahkan teman manusia untuk bersosilisasi dan melakukan kegiatan seksual.

"Teknologi semacam ini akan terus berkembang, bukan hanya karena perkembangan teknologi tetapi juga didorong oleh kebutuhan faktor sosial," kata Professor Will Stewart dari Southampton University, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (21/8/2009).

Diperkirakan, populasi manula di Inggris akan meningkat hingga 50 persen pada 2020. Oleh rena itu kebutuhan akan robot-robot jenis perawat akan pula meningkat.

"Salah satu robot yang diciptakan untuk kebutuhan ini adalah sebuah robot berbentuk kucing. Robot seperti hewan peliharaan ini dapat melakukan beragam tugas seperti membantu mengingatkan bahaya, mengawasi isi lemari es, dan memastikan para manula agar jangan sampai kelaparan," kata Stewart.

Namun perkembangan robot seperti ini justru terbentur oleh budaya yang masih tabu soal merawat manula. Masih banyak masyarakat yang berpikir bahwa seharusnya, para manula dirawat oleh anak-anak mereka.

Andai benturan budaya ini bisa diatasi, perkembangan robot hewan peliharaan ini akan menghadirkan bantuan baru bagi masyarakat manula di Inggris.
(srn)
- 21 Agustus 2009


Sumber :
Rachmatunnisa
http://techno.okezone.com/read/2009/08/21/56/250115/di-inggris-manula-dirawat-robot
11 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar